Hal pertama yang kita lihat ketika membuka website adalah tampilan desain webnya. Tampilan desain web yang buruk terkadang membuat pengunjung malas untuk berkunjung lagi ke situs web tersebut. Atau bahkan ketika baru buka webnya langsung di close lagi. Wah, terus gimana dong supaya pengunjung menikmati website kita?

Sebagian dari para blogger membuat situs dengan lebih memperhatikan tentang apa yang akan di posting, artikel apa yang akan di posting, gimana biar website kita banyak pengunjung dan gimana sih cara cepat menghasilkan uang dari website. Sebenarnya ada yang sama pentingnya dari itu, yaitu tampilan web kita juga harus di pedulikan karena tampilan web yang professional dan bagus memiliki dampak yang jauh lebih besar loh 😀

Kali ini saya akan membahas desain web yang harus dihindari untuk membantu teman-teman yang masih bingung untuk mendesain webnya.

1. Teks Web

Teks adalah bagian penting dari desain web yang sering diabaikan. Apa aja sih contoh dari teks yang harus kita hindari? Berikut contoh dari teks buruk yang harus kita hindari :

  • Teks terlalu kecil dan sulit dibaca
  • Font yang bentuknya tidak jelas sehingga teks terlihat berantakan
  • Perpaduan warna teks dengan background yang salah
  • Link tidak digaris bawahi
  • Link tidak diberi warna

2. Background Pada Website

Setiap orang berbeda-beda, ada yang suka dengan adanya background dan juga ada yang tidak suka. Background memang bisa mempercantik situs jika diterapkan dengan benar. Tapi jika background menghancurkan desain web secara keseluruhan, apa yang harus kita lakukan? Bagaimana kita menghadapi masalah ini? Nah, hal yang harus kita lakukan yaitu membuat pengunjung nyaman dengan adanya background ataupun tidak ada background. Sekarang saya akan share hal-hal apa saja yang harus dihindari pada penggunaan background :

  • Background dipasang di belakang teks sehingga teks sulit untuk dibaca
  • Background dengan gambar yang membuat pusing
  • Background yang bergerak-gerak dan menghalangi teks
  • Background dengan kontras yang berlebihan

3. Gambar

Gambar juga bisa menyebabkan masalah. Jika kamu menggunakan gambar  yang benar-benar besar baik dari segi ukuran file ataupun dimensi, itu akan menyebabkan situsmu terasa berat saat di muat. Apa aja sih yang harus kita hindari pada penggunaan gambar?

  • Gambar yang berukuran sangat besar dan memperlambat situs kita
  • Gambar yang tidak sesuai dengan topik yang sedang dibahas
  • Gambar tanpa tag Alt

4. Situs seperti sampah

Dengan situs yang seperti sampah, orang-orang akan malas berkunjung lagi pada situs kita. Jadi jangan mencoba untuk mengalihkan perhatian mereka dengan menambahkan fitur-fitur sampah seperti diatas. Berikut hal-hal yang harus dihindari supaya situs tidak seperti sampah?

  • Iklan tidak ditata rapi sehingga tidak enak dilihat
  • Jumlah iklan berlebihan
  • Selalu muncul new tab atau pop up setiap klik
  • Terlalu banyak link sidebar
  • Video dan audio otomatis ketika membuka halaman

5. Navigasi website yang kurang baik

Salah satu hal yang membuat pengunjung kesal ada lah navigasi (menu) website yang kurang baik. Ini akan mempersulit pengunjung ketika mereka mencoba untuk menemukan sesuatu di situs tersebut tetapi tidak bisa ditemukan karena beberapa hal, yaitu:

  • Navigasi terlalu sedikit
  • Navigasi yang rumit
  • Link rusak
  • Scroll tak berujung
  • Tidak ada kolom search
  • Judul yang di post tidak sesuai dengan isi

Itulah beberapa poin penting dari desain web yang harus dihindari. Apa ada salah satu poin yang terdapat dalam situsmu? Kalau ada, ayo segera hilangkan. Karena hal itu akan membuat situsmu terlihat buruk bukan malah menarik. Selamat mencoba teman-teman, semoga situs kalian jadi tambah menarik setelah membaca artikel ini 🙂